Sangadi Mataindo Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur untuk Berkebun

Hi. Ridwan, Sangadi Mataindo (F: Indomedia.news)

INDO MEDIA – Sangadi Mataindo, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Ridwan, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau nganggur untuk dikelolah, dengan ditanami tanaman yang bernilai ekonomi.

“Saya mengajak kepada warga Mataindo, untuk mari bersama kita berkebun, atau bertani. Manfaatkan lahan-lahan tidur untuk dikelolah,” ujar Hi Ridwan baru-baru ini.

Ajakan Sangadi Mataindo kepada warga bukan tanpa alasan. Sebab dirinya telah mencontohkan melalui program ketahanan pangan, yang sudah dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Mataindo sejak pertengahan tahun 2022 lalu.

“Alhamdulillah program tersebut sudah membuahkan hasil. Kami menanam 4 jenis tanaman yang sangat dicari di pasaran, yaitu jagung bisi 2, tomat, cabe dan semangka yang sudah bisa kita lihat hasil panennya,” tutur sangadi.

Dikatakan Hi Ridwan, kepada masyarakat pun jika ingin berkebun atau bertani, saat ini dipermudah dengan hadirnya pendamping dari PT Benih Citra Asia (BCA), yang siap memfasilitasi dan membantu, sampai panen bisa berhasil.

BACA JUGA :  Breaking News: Astaga Mobil Truck Hino 10 Roda Bermuatan Material Terjungkal di Jalan Kombot-Pinolosian

“Kerjasama ini sangat menguntungkan sebab dari pihak pendamping, akan memfasilitasi berupa konsultasi, menyediakan bibit, hingga dalam proses sampai panen nanti,” terang Sangadi.

Sementara itu Ponidi, dari pihak PT Benih Citra Asia, kepada masyarakat menuturkan untuk siap membantu.

“Bahkan kami akan memberikan bibit secara cuma-cuma kepada kelompok tani yang berniat untuk berkebun. Kami siap dengan bibit tanaman hortikultura untuk dimanfaatkan masyarakat,” ujar Ponidi.

Ponidi, PT PT. Benih Citra Asia (BCA)

Dia juga menambahkan, kepada warga yang ini berkebun secara mandiri, juga bisa mendapatkan bibit tanaman dengan harga yang sangat terjangkau.

“Intinya kami siap memfasilitasi,” tandasnya yang saat itu didampingi Wirio Manilet, warga Desa Mataindo yang juga bekerja di PT Benih Citra Asia.