Ragam  

Siap Terbitkan Empat Buku Sejarah Adat dan Budaya BMR, AMABOM Raya Gelar Rakor

BERTEMPAT di ruang pusat kajian adat dan budaya  Bolaang Mongondow Raya (BMR) kampus IAI Kotamobagu Jln Johny Suhodo No.4 samping Gedung Bobakidan Kotobangon, pengurus Aliansi Masyarakat Adat Bolmong (AMABOM) Raya, yang terdiri dari 7 pengurus daerah (PD), yakni Kotamobagu, Bolmong, Kaidipang, Bintauna, Boltim, Bolsel dan Bolmong Tengah, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Adat dan Budaya BMR, Sabtu (17/10/2020).

Pertemuan tersebut dipimpin oleh ketua umum AMABOM Raya Drs H Zainul Armyn Lantong,  yang juga selaku Direktur pusat kajian adat dan Budaya Institut Agama Islam (IAI) Kotamobagu, didampingi sekretaris umum yang juga sebagai Rektor IAI Kotamobagu yang terpilih secara demokratis 27 Juni lalu.

Tokoh adat yang hadir antara lain HD. Makalalag, BA, Longki Mokoginta, Saleh Gobel, Salimin Mamonto, S.Pd, AKBP.Purn. Dahlan Mamonto, SH, MH, Risman Baya, S.Sos, Fahmi Gobel, Yusmarni Kadengkang, SH, M.Pd, Dra. Nulin Mokoagow, MM, Ibnu Khajar, Mahmud Massie, Sumitro Dolot, Wandi Dilapanga, SH, dan pengurus pemuda adat lainya.

Dalam silaturahim yang penuh keakraban tersebut, disepakati akan melakukan kegiatan rutin minimal sebulan sekali, untuk mengunjungi semua situs bersejarah peninggalan leluhur di seluruh tanah Totabuan.

“Insya Allah kegiatan ini akan dimulai tanggal 28 Oktober 2020 di Bolmong Timur,” ujar Ketua AMABOM Raya, Drs H Zainul Armyn Lantong yang akrab disapa Djemmy Lantong usai kegiatan rakor.

BACA JUGA :  JILTS Hadir di Pinteng

Tujuan safari situs budaya sekaligus silaturahim dengan seluruh Tokoh adat se- BMR ini kata Djemmy, sekaligus menggali lebih dalam situs-sius yang ada serta keterangan tokoh-tokoh adat dalam rangka penerbitan empat buku, terkait sejarah adat budaya BMR yang sudah lama disiapkan oleh pusat kajian adat dan budaya BMR Kampus IAI Kotamobagu.

“Empat buku yang sedang siap terbit antara lain; Sejarah Komprehensif Bolaang Mongondow, Buku panduan adat Pemberian gelar, dan penjemputan tamu, Mengenal situs bersejarah di BMR dan Mengenal Tokoh Bolaang Mongondow dari masa-kemasa,” terang Djemmy.

Sementara itu Sekretaris AMABOM Raya, DR chan Muliadi Mokodompit SE M Si, yang tak lain Rektor IAI Kotamobagu, juga menuturkan, pada hari pahlawan nanti, akan dilakukan pengukuhan komunitas adat.

“Direncanakan bersamaan hari pahlawan 10 Nopember 2020, akan diadakan pengukuhan komunitas adat Hulu Ongkag di lapangan Tanoyan bersatu, yang akan dihadiri oleh seluruh masyarakat adat se-BMR, sekaligus sebagai ajang silaturahim dan pendeklarasian Pengurus Pemuda adat yang akan membentuk Barisan garda terdepan Bogani yang disingkat Brigade Bogani,” tandas Muliadi. [***]