Soal Tapal Batas, Bolsel – Bolmong akan Tunduk dan Taat Atas Putusan Kemendagri

Soal Tapal Batas, Bolsel - Bolmong akan Tunduk dan Taat Atas Putusan Kemendagri

INDO MEDIA Secara umum pimpinan daerah Kabupaten Bolaang Mondondow Selatan (Bolsel), Hi Iskandar Kamaru S Pt dan Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soeprodjo Mokoagow, serta Tim Penegasan Batas Daerah (PBD), akan tunduk dan taat terhadap penyelesaian batas daerah oleh Kemendagri.

Bahkan kedua daerah ini pun, tidak akan melakukan gugatan hukum atas keputusan nanti.

Ini dinyatakan kedua top eksekutif Bolsel dan Bolmong, dalam rapat internal, atas undangan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, dalam rangka Percepatan penyelesaian Segmen batas wilayah lll, di Hotel Best Western Lagoon Manado pada Kamis 14 Oktober 2021.

Pertemuan ini membahas tentang kesepakatan batas wilayah antara Kabupaten Bolmong dan Bolsel.

BACA JUGA :  iPhone 13 Diprediksi Rilis Pada September, Ini Fitur Terbarunya

Pertemuan yang diprakarsai oleh Direktur Toponimi Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Sugiharto, Asisten I Sekprov Sulut Denny Mangala dan Karo Pemerintahan Jemy Kumendong, antara lain menyepakati beberapa poin penting yang sifatnya teknis, terkait koordinat-koordinat batas wilayah.

Disampaikan Kadis Kominfo Bolsel, Aldy Setiawan Gobel, pertemuan ini sendiri sifatnya tertutup, yang hanya dihadiri Bupati, Sekda, Kabag Hukum dari kedua Kabupaten serta Kemendagri dan wakil dari Pemprov Sulut.

“Secara umum Kedua pimpinan daerah beserta Tim PBD, menyerahkan sepenuhnya proses penyelesaian batas daerah Bolmong dan Bolsel kepada Menteri Dalam Negeri, sesuai UU Nomor 30 Tahun 2008, Tentang Pembentukan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Di Provinsi Sulawesi Utara,” terangnya.

Juga dua daerah ini, bersepakat untuk menjaga kondusifitas, selama proses berjalan di Kemendagri.

BACA JUGA :  Pemkab Bolsel Terima Bantuan Kemanusiaan dari Pemkot Kotamobagu

Turut mendampingi Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, MA, Asisten l Ramli Abdul Madjid SPd, Kadis Kominfo Aldy Gobel SE, Kadis Kelautan, Kabag Hukum, Kabag Tapem dan Kabag Prokopim.

 

Peliput : Surahman Mokoagow