Sukses Bangun Jalan Kebun Deandak Sepanjang 1200 meter, Pemdes Motandoi  Lanjut Buat Jalan Lopa’ 800 m

BOLSEL, IDM – Pemerintah Desa (Pemdes) Motandoi, Kecamatan Pinolosian Timur (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bangun jalan kebun (Jalan lopa’) sepanjang 800 Meter dan lebar 5 Meter, dengan jumlah anggaran Rp 305.516. 939,- (Tiga ratus lima juta, lima ratus enam belas ribu, Sembilan ratus tiga puluh sembilan rupiah).

Pembuatan jalan lopa’ tersebut telah dimulai sejak, Minggu (05/05/2019) lalu, dan rencananya akan selesai pada bulan Agustus mendatang.

Saat ini pekerjaannya sudah pada tahap penimbunan. Kalau itu sudah selesai, pastinya kami akan lanjut pada tahap pengerasan,” tutur Sangadi Motandoi, Hamjan Mohama, melalui Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan (Kasi Kesra), Anto Laode, Senin (24/06/2019).

Anto Laode

Menurutnya, tujuan dari pembuatan jalan tersebut tidak lain untuk mempermudah akses masyarakat yang berkepentingan. Terutama para petani/pekebun kelapa dan cengkih.

“Masyarakat dan Pemdes tentunya telah memperoleh kesepakatan bersama melalui Musyawarah Dusun, kemudian Musyawarah Desa, sehingga sampai pada keputusan yang final, dan salah satu keputusan yang diperoleh, diantaranya pembuatan Jalan Lopa ini,” ujar Anto.

BACA JUGA :  2020 Pintim Terima Akses Wifi Gratis

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Jalan Lopa’, Samarun Damopolii juga membenarkan pernyataan Sangadi Motandoi, Hamjan Mohama melalui Kasi Kesra, Anto Laode itu.

“Untuk saat ini pekerjaannya  memang sudah masuk pada tahap penimbunan. Selanjutnya, tinggal pengerasan dan pembuatan Plat Deker. Namun kami masih menungu pencairan Dandes tahap 3 (Tiga). Kami juga pastikan, di bulan Agustus akhir, jalannya suda bisa digunakan oleh masyarakat,” tutupnya.

Diketahui, selain Jalan Lopa’, sebelumnya pada pencairan Dandes tahap 1 (Satu), Pemdes Motandoi juga telah selesai membangun Jalan Kebun (Jalan Deandak) dengan Panjang I200 Meter.

 

Cipto Mokodompit