Tangkal Banjir, Pemdes Deaga Bangun Drainase

Ruslani Mokoginta

BOLSEL, IDM – Selain tanggul sungai payau, Pemerintah Desa (Pemdes) Deaga, Kecamatan Pinolosian Tengah, (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), juga membuat drainase sepanjang 40 (Empat Puluh) meter.

Ini sebagaimana disampaikan Sangadi Deaga, Ruslani Mokoginta, saat kunjungan Indomedia.news di kediamannya, Rabu (04/07/2019).

Menurutnya, pembangunan drainase ini tidak lain untuk mencegah banjir yang sewaktu-waktu dapat menggenangi rumah warga.

“Kalau musim penghujan, Desa Deaga sering tergenang banjir. Nah, untuk mencegah agar banjir tidak menggenangi rumah warga, maka kami programkan pembangunan drainase ini,” tutur Ruslani Mokoginta, yang juga akrab disapa Papa Pasya itu.

Ditambahkannya, selain drainase, Pemdes Deaga juga sertakan pembuatan Pentras Taman Bacaan, dan juga Rabat Beton pada halaman depan Taman Kanak-Kanak (TK) di desa tersebut.

BACA JUGA :  Pemkab Bolsel Hibahkan Tanah 1.5 Hektare untuk Pembangunan Kantor Pengadilan Agama Bolaang Uki

“Total anggaran untuk Drainase, sekitar Rp 20,000,000,- (Dua puluh juta rupiah), Rabat Beton di halaman TK, sekitar Rp 20 000, 000,- (Dua puluh juta rupiah) dan untuk pembuatan pentras taman bacaan memakan biaya kurang lebih Rp 90,000,000,- (Sembilan puluh juta rupiah),” terangnya.

Lanjutnya, Pembangunan Infrastruktur Desa tersebut mengunakan anggaran Dana Desa pada pencairan tahap 1 (Satu) dan tahap 2 (Dua).

 

“Kami pastikan, di tahap 3 (tiga) ini, pekerjaannya sudah selesai,” tandasnya.

 

Cipto Mokodompit