Tingkatkan Kualitas Data dan Informasi Daerah, Pemkab Bolsel Gelar Coaching Clinic SIPD

PEMERINTAH Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Coaching Clinic Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Selasa (16/02/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston Manado ini, dibuka langsung oleh Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru S Pt, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy S STP.

Bupati dalam arahan menegaskan kegiatan ini merupakan upaya serta keseriusan pemerintah daerah, dalam mengimplementasikan serta menyesuaikan dengan regulasi yang ada saat ini.

“Yaitu Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah,” terang bupati.

Lanjutnya, seluruh daerah pada tahun 2021 sudah menggunakan aplikasi SIPD, baik perencanaan maupun pengelolaan keuangan daerah.

“Di mana aplikasi SIPD memuat menu E-Database SIPD, Perencanaan Pembangunan SIPD, dan Dasboard Profil SIPD yang didalamnya memuat informasi tentang Informasi pembangunan daerah,  Informasi keuangan daerah, serta Informasi lainnya seperti LPPD, EPPD dan Produk hukum daerah,” beber bupati.

BACA JUGA :  DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bolsel Tahun Anggaran 2021

Orang nomor 1 di tanah Totabuan Selatan ini berharap, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, dapat meningkatkan kualitas data dan informasi daerah.

“Karena data yang valid akan sangat mempengaruhi proses perencanaan dalam rangka mewujudkan visi Bupati terpilih, yaitu terwujudnya Kabupaten Bolsel bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan kepribadian dengan semangat gotong royong berdasarkan Pancasila,” tandas bupati.

Hadir dalam kegiatan pemateri dari Pusdatin Girisena Ergasera, Penyusun Bahan Kebijakan Ditjen Bina Bangda Kemdagri Hanz Budi Setiawan (via zoom), Asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah beserta admin SIPD. [Adv]

 

 

Rhu Mokoagow