Tolotoyon Inisiatif Bangun Saluran Air di Persawahan

BOLSEL, IDM – Pemerintah Desa (Pemdes) Tolotoyon, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), selesai bangun saluran pembuangan air di persawahan desa tersebut, dengan panjang sekitar 1500 (Seribu lima ratus) meter.

Ini sebagaimana disampaikan Sangadi Tolotoyon, Ramdan Makalalag, Kamis  (18/07/2019).

Ramdan Makalalag

Menurutnya apa yang telah dilaksanakan tersebut adalah inisiatif dari pemerintah dan masyarakat Desa Tolotoyon.

“Ini juga berdasarkan usulan dari masyarakat, selanjutnya kami realisasikan di tahun 2019 ini, tepatnya, Senin tiga Juni dan selesai tujuh Juli dua ribu sembilan belas baru-baru ini,” terang sangadi.

Dikatakan Ramdan, sebenarnya tidak banyak permasalahan pada pengairan sawah yang ada di wilayahnya itu, hanya kemudian, air yang masuk kedalam lokasi persawahan tersebut, tidak memiliki saluran pembuangan air. Akibatnya, persawahan masyarakat tidak layak digunakan.

BACA JUGA :  Kamaru Kukuhkan Dewan Adat Mongondow Bolsel

“Tapi saat ini masyarakat sudah bisa menggunakan kembali persawahannya untuk bercocok tanam,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pekerjaan yang memakan biaya sekitar Rp 71.000.000,-( Tujuh puluh satu juta rupiah) itu, diharapkan dapat membantu para petani sawah di Desa Tolotoyon.

“Keluhan petani sawah sudah kami jawab. Untuk selanjutnya tinggal bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan persawahan ini dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Diketahui, selain pekerjaan tersebut, Pemdes Tolotoyon juga bangun Drainase sepanjang 299 M, Paving Block, panjang, 284 M, anggaran Rp 254.000.000,- kemudian 10 (Sepuluh) unit Jamban, anggaran Rp 100.000.000,- dan yang terakhir Pengerasan Jalan Desa, sepanjang 89 M, anggaran sekitar Rp 57.655.000., yang masih dalam proses pekerjaan.

 

Cipto Mokodompit