TPID Pinteng Bakal Gelar Rakor

Fandi Mokoginta

BOLSEL, IDM – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), akan menggelar Rapat kordinasi (Rakor) dengan Camat, Alam Surya Mokodompit dan sangadi-sangadi di wilayah tersebut,yang  rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Kami belum bisa pastikan mengenai ketetapan waktunya, tapi yang jelas,dalam waktu dekat ini rakornya akan segerah dilaksanakan,” terang Ketua TPID, Jayadi Vandeim, melalui Angotanya, Fandi Mokoginta.

Fandi, akrab ia disapa, menuturkan, pada Rakor tersebut pihaknya akan menawarkan berbagai macam program inovasi, kepada Pemerintah Desa.

“Ada banyak program yang akan kami tawarkan. Namun yang menjadi program unggulannya kami diantaranya, Dibidang Infrastruktur yakni Sorga Desa, Penampunga air untuk manfaat pertanian dan perkebunan, perahu penolong untuk nelayan miskin, pompa air tanpa listrik,” terangnya, Senin (24/06/2019).

Lanjut Fandi kemudian di bidang SDM yaitu kiat jitu posiandu, produktif di usia senja pemberdayan lansia, masyarakat tanggap bencana (Magna), dan yang terakhir di bidang Kewirausahaan diantaranya membudidayakan tertib pajak melalui budidaya tanaman horti kultura (Pisang), menciptakan cadangan air desa disaat kemarau dengan memanfaatkan lahan rawa menjadi kolam ikan.

BACA JUGA :  Pemdes Adow Anggarkan Rp500 Juta Untuk Penimbunan Lapangan

“Dalam menawarkan program, TPID berlandaskan pada UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Seperti yang tertuang dalam dalam poin B: Meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan kader pemberdayaan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan monitoring pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa, serta pelayanan publik melalui fasilitasi,  pelatihan dan pendampingan.” ujarnya.

Ketika programnya disetujui, untuk selanjutnya kesepakatan antara Pemdes dan TPID akan termuat di kartu komitmen.

“Kami berharap seluruh stake holder terkait untuk dapat hadir pada kegiatan ini,” tandasnya.

 

Cipto Mokodompit