UHC 2019, Pemkab Bolsel Targetkan 30 Ribu Masyarakat Tercover BPJS Kesehatan

Sadly Mokodongan

BOLSEL, IDM  – Dalam rangka program Universal Health Coverage atau jaminan kesehatan cakupan semesta, untuk Tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menargetkan lebih dari 30 ribu masyarakat, akan tercover BPJS Kesehatan.

Sadly Mokodongan

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolsel, Sadly Mokodongan, Jumat (23/11/2018). Menurutnya, dana yang akan digelontorkan untuk program tersebut sebesar Rp. 8.9 Miliar.

“Targetnya menyeluruh kepada masyarakat berdasar data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Capil),” terang Sadly.

Lanjutnya, masyarakat yang akan tercover adalah mereka dengan segmen kelas III, atau tidak masuk pada kategori pekerja upahan.

“Intinya mereka yang masuk adalah kategori kelas III,” ujar Sadly.

BACA JUGA :  Kepala dan Perangkat Desa di Bolsel Terima Berkah Kepesertaan dalam JKN

Diketahui Bolsel pada pemerintahan Herson Mayulu dan Iskandar Kamaru sebelumnya, menerima penghargaan UHC Award dari Presiden RI .

Penghargaan tersebut diterima, setelah Bolsel dinyatakan berhasil memberikan pelayanan kesehatan prima berbekal kartu BPJS. Bolsel juga dinilai telah berhasil mengikutsertakan 95 persen masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). (cipto)