Viral Mata Muncul Dari ‘Otak Mini’ yang Dikembangkan Ilmuwan

Viral Mata Muncul Dari ‘Otak Mini’ yang Dikembangkan Ilmuwan (Pixabay/PublicDomainPictures)

INDO MEDIA – Dalam sebuah makalah inovatif, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa mereka mampu menumbuhkan “otak mini” di lingkungan laboratorium. Dimana otak tersebut menumbuhkan mata.

Jika menurut Anda ini tidak masuk akal, tunggu sampai Anda mengetahui bahwa otak ini juga mengembangkan struktur mirip mata.

Bagaimana Otak Mini dikembangkan?

Otak kecil dikembangkan dari sel induk di piring. Dimodelkan di sekitar otak manusia, strukturnya menumbuhkan dua cangkir optik yang mirip dengan bagaimana mata berkembang pada embrio manusia.

Bukan masalah besar, menurutmu? Ini untuk para ilmuwan yang mencoba memahami bagaimana perkembangan mata berbeda untuk setiap orang dan mengapa beberapa orang mengembangkan penyakit mata tertentu sementara yang lain tidak.

Meskipun otak yang dikembangkan di laboratorium dan matanya yang sesuai adalah iterasi primitif dari rekan-rekan manusia organiknya, itu masih dapat membantu para ilmuwan dalam memahami “interaksi otak-mata” selama perkembangan embrio, seperti yang dinyatakan oleh ahli saraf Jay Gopalakrishnan dari University Hospital Düsseldorf di Jerman dalam siaran pers.

Apa yang akan diungkapkan oleh Mini Brains with eyes?

Menurut para ilmuwan, struktur tersebut dapat membantu dokter memahami kelainan retina bawaan, dan membantu menciptakan sel retina yang akan memenuhi kebutuhan khusus pasien dan membantu dalam terapi transplantasi.

BACA JUGA :  Kamaru  Ajak  ASN Muslim Makmurkan Masjid

Ini bukan otak nyata, tetapi hanya “organoid” otak, yaitu, mereka adalah struktur 3D yang tumbuh dari sel induk yang berasal dari sel otak manusia dewasa yang sebenarnya.

Sel-sel otak tersebut kemudian direkayasa ulang menjadi sel punca yang dapat tumbuh menjadi beberapa jenis jaringan.

Otak mini ini, bagaimanapun, tidak memiliki pikiran, emosi, dan kesadaran dan digunakan dalam pengaturan penelitian di mana otak manusia yang hidup tidak akan bertahan.

Sebelumnya, sekelompok ilmuwan lain telah menggunakan teknik yang sama untuk menumbuhkan cangkir optik secara terpisah. Tapi Gopalakrishnan dan rekan. ingin mengamati apakah struktur dapat tumbuh di dalam organoid otak, menjelaskan bagaimana kedua jenis jaringan ini tumbuh bersama-sama sebagai lawan dalam isolasi.

Pada hari ke-30, cangkir optik tumbuh di otak bayi dan pada hari ke-50, strukturnya terlihat jelas – konsisten dengan garis waktu pertumbuhan organoid pada manusia.

Otak yang tampak aneh itu bisa menyelamatkan ribuan orang yang menderita penyakit terkait mata dalam waktu dekat.