Wabup Bolsel Panen Cabe

BOLSEL, IDM –  Mewakili Bupati Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt, Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, menghadiri sekaligus resmi membuka  acara Panen Raya Cabe, di Desa Adow Selatan, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Rabu (29/01/2020), pukul 08:00 WITA.

Acara diawali dengan laporan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, yang disampaikan Sekretaris Dinas (Sekdin) Ronal Daun.

“Potensi tanaman cabe di Desa Adow Selatan yakni Cabe Varietas Dewata seluas 8.5 Hektare, Varietas Lokal 15 Hektare, dengan produksi sampai bulan Januari telah mencapai kurang lebih 4.8 Ton,” terang Ronal.

Kegiatan ini kata Ronal, merupakan efisiensi untuk memanfaatkan lahan.

“Serta untuk memotivasi petani-petani dalam kelompok tani, untuk memaksimalkan potensi lahan dan komoditi unggulan,” tuturnya.

Sementara itu, Wabup Deddy Abdul Hamid dalam sambutannya, memberikan apresiasi  dan ucapan terima kasih, atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sebagai pemerintah daerah dan pribadi saya mengajak kita semua, untuk bertani. Petani jangan malas, mari manfaatkah lahan. Saya juga mengimbau kepada Dinas Pertanian untuk membantu petani ,” tutur wabup.

BACA JUGA :  Dukungan Makin Mengkristal, BERKAH Siap Lanjutkan Kepemimpinan

Wabup mengingatkan instansi terkait, untuk melakukan  survey areal mana saja, terutama lahan tidur, yang dapat dikembangkan, agar program bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya di bidang pertanian, dapat tersalurkan dengan baik.

“Karena petani sejahtera  masyarakat sejahtera. Insya Allah saya juga lepas musim hujan akan menanam cabe,” ujar wabup.

Di akhir kegiatan, wabup didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy S STP, Camat Pinteng, Alamsurya Mokodompit, Staf Ahli, Staf Khusus, Pimpinan OPD, Sangadi Adow Selatan, Sadipon Mongilong, turun langsung ke perkebunan untuk memanen cabe.

Selanjutnya wabup bersama rombongan Pemkab Bolsel, meninjau buah dan sayuran hasil dari dua kelompok tani Desa Adow Selatan, Karya Sejati dan Sehati.

Diketahui, turut hadir dua perwakilan perusahaan sebagai mitra petani, Farid Istiyaji, mewakili PT. Iswesit Indonesia,  perusahaan yang bergerak  untuk produksi hibrida, jenis sayur, dan Rudi Setiawan, PT Behn Meyer Agricare, perusaan pestisida ramah lingkungan. [***]