Bolsel  

Wabup Deddy Abdul Hamid Hadiri Upacara Hari Otda ke-XXVII di Makassar

Wabup Bolsel Hadiri Peringatan Hari Otda di Makassar

INDO MEDIA Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid menghadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVII Tahun 2023, di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu, 29 April 2023.

Kegiatan ini Dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri dan Seluruh Pejabat di Kemendagri, Gubernur, Walikota dan Bupati se- Indonesia.

Tema Pelaksanaan Hari Otda Adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Wabup Deddy Abdul Hamid, menyampaikan kegiatan ini dihadiri oleh Mendagri Jendral Polisi (Purn) Muh. Tito Karnavian. Di mana dalam sambutannya menyampaikan bahwa Otonomi Daerah dimaksudkan memberi kewenangan kepada daerah, untuk mengurus urusan pemerintahan, yang menjadi kewenangannya sesuai peraturan perundang-undangan, tentunya dalam bingkai NKRI.

Hari Otda di Makssar yang dihadiri Wabup Bolsel

“Dalam sejarahnya kewenangan semua berada pada pemerintah pusat, bahkan kepala daerah hanya ditunjuk. Namun dengan Otonomi Daerah dilaksanakan PILKADA, sehingga semua masyarakat mempunyai kesempatan yang sama dan akan muncul mutiara-mutiara yang terpendam,” ungkap Mendagri.

Wabup juga menyampaikan, otonomi daerah bedampak positif, mulai terjadi pembangunan disana-sini, sektor ekonomi terjadi peningkatan, IPM membaik. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kewenangan yang diberikan terkadang disalahgunakan dengan terdapat penyimpangan diberbagai lini, bahkan sampai pada tingkatkan desa yang merupakan unsur pemerintahan terkecil.

BACA JUGA :  Pantau Masyarakat Terdampak Banjir di Pinteng dan Pintim, Bupati Iskandar Kamaru Serahkah Bantuan Logistik

“Hingga saat ini masih terdapat tarik menarik kewenangan antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan juga desa, namun apapun dinamikanya Otonomi Daerah harus terus dilaksanakan di Negara kita yang sangat luas dan beragam ini, Pemerintah terus mencari format yang tepat,” ungkap Wabup mengulang penyampaian Mendagri.

Semangat Otonomi Daerah sesungguhnya kata Wabup, adalah mendorong kemampuan fiskal daerah yang kuat, sehingga tidak selalu tergantung kepada dana transfer dari pusat (TKDD).

“Olehnya Mendagri mengajak semua kepala daerah, agar terus menggali potensi-potensi PAD, melalui penguatan enterpteneurship setiap daerah,” ujar Wabup.

Turut serta bersama Wabup pada peringatan Hari Otda di Makassar

Turut mendampingi Wabup, adalah Staf Ahli Bupati dan Kabag Pemerintahan.