Hadirkan ASN, Bawaslu Bolsel Gelar Sosialisasi

BOLSEL, IDM Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar sosialisasi pengawasan pastisipatif dalam rangka  pemilihan anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, bertempat di Green Fajar Soguo, Jumat (12/04/2019).

Sosialiasi tersebut menghadirkan Bupati Bolsel yang diwakili oleh Asisten I, Alsyafri Kadullah, Komisioner Bawaslu, Kifli Yuddiy Malonda, Sekertaris Bawaslu, Arthur Waroka ST, staf Bawaslu, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Bolsel.

Dalam sambutannya  Kifli Yuddiy Malonda mengatakan, kegiatan ini merupakan hal penting. Mengingat ASN yang seharusnya bersikap netral, seringkali malah melanggar aturan.

“Undang-Undang Nomor  5 Tahun 2014 sebagai dasar hukumnya. Untuk meminimalisir agar tidak terjadi lagi pelanggaran di kalangan ASN, maka sangat penting kiranya sosialisasi ini dilakukan,” ujar Kifli.

BACA JUGA :  Bupati Bolsel Hadiri Rakorda Pemantapan Pemilu 2019

Tambahnya, ASN yang seharusnya bersikap netral, seringkali digiring ke ranah yang mengharuskan mereka melakukan pelanggaran hukum.

“mengingat hal tersebut, maka dari itu, kami menekankan kembali kepada seluruh ASN khususnya di Bolsel untuk tetap bersikap netral,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten I Alsyafri Kadullah mengimbau kepada seluruh ASN untuk tetap bersikap disiplin dan tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

“Saya atas nama Bupati mengimbau kepada seluruh birokrasi di Bolsel, jangan melakukan pelanggraran yang sudah ditetapkan pada Peraturan KPU (PKPU). Juga imbauan kami, agar tidak golput, dan marilah bersama-sama kita datang ke TPS untuk menyalurkan hak suara sebagai masyarakat yang demokratis,” tandasnya.

 

Cipto Mokodompit